Posted by : Unknown Selasa, 16 Agustus 2016




A.   Pengertian Administrasi Kepegawaian

Istilah pegawai dan pekerja pada hakikatnya tidak mempunyai perbedaan arti dalam suatu perusahaan atau instansi pemerintah. Kata Administrasi berasal dari kata Ad, yang berarti “ke” atau “kepada” dan ministrare yang berarti “melayani, membantu, atau mengarahkan”. Sedangkan kata pegawai berasal dari kata personil atau personal yang berarti pegawai. Pada umumnya yang dimaksud dengan kepegawaian adalah segala hal mengenai kedudukan, kewajiban, hak dan pembinaan pegawai. Pegawai merupakan tenaga kerja manusia, jasmaniah maupun rohaniah (mental dan fikiran), yang senantiasa dibutuhkan dan menjadi salah satu modal pokok dalam badan usaha kerja sama untuk mencapai tujuan organisasi tertentu.

Pengertian Administrasi Kepegawaian secara umum adalah seluruh aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan masalah penggunaan pegawai (tenaga kerja) untuk mencapai tujuan. Administrasi Kepegawaian adalah seni memilih pegawai-pegawai baru dan mempekerjakan pegawai-pegawai lama sedemikian rupa sehingga dari tenaga kerja itu diperoleh mutu dan jumlah hasil serta pelayanan yang maksimum (Felix A. Nigro,1963:36).

a.    Pengertian Administrasi Kepegawaian Menurut Para Ahli :

1.   Drs. M. Manullang (1967)
Administrasi Kepegawaian adalah seni dan ilmu perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan tenaga kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih  dahulu, dengan meningalkan kepuasan hati pada diri para pekerja.

2.   Edwin B. Flippo
Administrasi Kepegawaian adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan individu, karyawan dan masyarakat.

3.   Dale Yoder
Administrasi Kepegawaian adalah penyediaan kepemimpinan dan pengarahan para karyawan dalam pekerjaan atau hubungan kerja mereka).

4.   Andrew F. Sikula
Administrasi Kepegawaian adalah penempatan orang-orang ke dalam suatu perusahaan.



5.   Paul Pigor
Administrasi kepegawaian adalah suatu kecakapan atau seni dari perolehan, pengembangan dan pemeliharaan angkatan kerja sedemikian rupa untuk melaksanakan fungsi serta tujuan organisasi dengan se-efisien dan se-ekonomis mungkin.

6.   The Liang Gie
Administrasi kepegawaian adalah segenap aktivitas yang bersangkutan dengan masalah penggunaan tenaga kerja untuk mencapai tujuan tertentu. Masalah pokoknya terutama berkisar pada penerimaan, pengembangan, pemberian balas jasa dan pemberhentian.

Dapat disimpulkan bahwa Administrasi Kepegawaian adalah suatu tata cara atau prosedur tentang cara-cara mengorganisasi dan memperlakukan orang yang bekerja sedemikian rupa sehingga mereka masing-masing mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya dari kemampuannya sehingga memperoleh efisiensi yang maksimum untuk dirinya sendiri dan golongannya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © OTOMATISASI PERKANTORAN - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -